Categories


Perkembangan TIK terhadap metode pengajaran, tingkatkan kualitas? Wednesday, November 09, 2011

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dunia khususnya Indonesia menuju era globalisasi, dimana kemampuan sumber daya manusia dituntut untuk selalu menciptakan inovasi baru di dalam dunia teknologi. Siapa yang tidak mengenal teknologi, maka ia yang akan tertinggal. Siapa yang tidak mampu mensejajarkan diri dengan era globalisasi ini maka ia akan tertinggal.

Perkembangan teknologi di Indonesia telah mampu mempengaruhi berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu dalam dunia pendidikan. Teknologi mampu merombak metode pengajaran yang selama ini dipakai dalam dunia belajar mengajar. Semula metode pengajaran dilakukan dengan tatap muka langsung antara guru dengan muridnya. Dengan kemajuan teknologi, metode ini berganti. Pengajaran bukan lagi dilakukan dengan tatap muka langsung antara guru dan murid di dalam kelas, melainkan mereka bertatap muka dengan media perantara internet. Yang akan dibahas di dalam tulisan ini adalah, apakah perkembangan teknologi semacam ini dapat meningkatkan kualitas kecerdasan murid? Apakah metode baru ini adalah lebih baik dibandingkan dengan metode yang selama ini telah berjalan di Indonesia?

Cara murid menangkap apa yang diajarkan oleh gurunya berbeda satu sama lain. Ada yang menangkap pelajaran dan mengingat apa yang diajarkan oleh gurunya dengan cara mendengarkan suara yang keluar dari mulut gurunya, ada juga yang menangkap dan mengingat pelajaran dengan cara melihat gerak-gerik yang dilakukan gurunya selama menjelaskan pelajaran tersebut. Mengapa demikian? Murid akan lebih mudah mengingat sesuatu jika berhubungan dengan otak kanan dibandingkan yang berhubungan dengan otak kiri. Ingatan mereka akan lebih panjang dibandingkan hanya membaca tulisan yang ada di dalam buku pelajaran.

Berdasarkan bacaan di atas, jelas sudah bahwa metode pengajaran dengan tatap muka langsung di dalam kelas adalah lebih baik dibandingkan dengan metode pengajaran baru hasil dari perkembangan teknologi.

Meskipun demikian, bukan berarti metode ini tidak cocok dengan keadaan Indonesia. Metode ini sangat berguna untuk orang-orang yang tidak biasa belajar bersama banyak orang dalam satu ruangan. Atau orang-orang yang menutup dirinya dengan orang lain. Hal ini dikarenakan, metode pengajaran ini mendukung pengajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

0 comments:

Post a Comment